Minggu, 02 Oktober 2011

Perbedaan Konsep Dan Variabel Dalam Penelitian


Beda konsep dengan variabel dalam penelitian
Hasan Mustafa
Judul sebuah penelitian adalah:  “Pengaruh Iklan Terhadap Penjualan Produk X” . Ketika orang bertanya berapa  variabel penelitiankah yang terlibat dalam judul tersebut? Jawabannya adalah 2 (dua) yaitu iklan dan penjualan.  Jika pertanyaan dilanjutkan, “konsep apakah yang perlu dipahami oleh peneliti?” . Jawabannya adalah konsep iklan dan konsep penjualan.  Jadi dengan demikian variabel penelitian sama dengan konsep penelitian. Benarkah demikian? Secara sepintas memang demikian. Namun jika dikaji sedikit lebih mendalam ternyata seharusnya makna “konsep” berbeda dengan makna “variabel”
A concept is "an abstraction based on characteristics of perceived reality." 1) A concept (substantive term: conception) is a cognitive unit of meaning. 2).  Sedangkan  A variable is a property associated with a concept that varies when measured. 3) A variable is something that can be changed, such as a characteristic or value. 4)
Mengacu ke definisi-definisi tentang konsep dan variabel, tampaknya dari contoh judul penelitian yang tersebut di atas, belumlah dapat diketahui variabelnya namun sudah jelas konsepnya. Agar judul penelitian dapat secara eksplisit menyebutkan variabel penelitian maka peneliti harus menambahkan nilai atau ukuran yang ingin diperoleh dari masing-masing konsep penelitiannya.  Dalam contoh judul di atas, untuk konsep “iklan” variabelnya adalah (misal) “bentuk iklan”, “frekuensi iklan”, “durasi iklan”, “media iklan”, sedangkan untuk konsep “penjualan” variabelnya adalah “volume penjualan”, “tingkat penjualan”.  Dengan demikian ketika ada ketentuan bahwa dalam judul penelitian variabel penelitiannya sudah harus dicantumkan maka judul penelitian yang seharusnya adalah “Pengaruh Frekuensi Pemasangan Iklan terhadap Volume Penjualan Produk X”. Atau kalau metode penelitiannya bukan “sebab-akibat”, melainkan “korelasional” maka judul penelitiannya menjadi : “Hubungan antara frekuensi pemasangan iklan dengan volume penjualan produk X”
Secara singkat untuk kepentingan praktis, boleh saja disebutkan bahwa konsep penelitian adalah sesuatu hal yang akan diteliti, sedangkan variabel penelitian adalah nilai, ukuran, besaran, jenis,  (yang bervariasi) tentang hal yang akan diteliti “Motivasi” adalah konsep, “tingkat motivasi” adalah variabel; “pendidikan” adalah konsep, “jenjang pendidikan” adalah variabel; “kepemimpinan” adalah konsep, “gaya kepemimpinan” adalah variabel; “badan” adalah konsep, “berat/tinggi/bentuk badan” adalah variabel.
2)      http://en.wikipedia.org/wiki/Concept

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar